-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Sekda Sulawesi Tenggara, Pimpin Apel Gabungan Tahun 2023, Sampaikan Arahan PJ Gubernur

Rabu, 27 Desember 2023 | 16.28 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-27T09:28:31Z

Gambar Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Drs Asrun Lio MHum PhD. (Foto/Ist).


SimpulIndonesia.com__SULTRA,— Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Prov. Sultra), pimpin apel gabungan Lingkup Pemprov. Sultra di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Rabu (27/12/2023).


Hadir dalam Apel Gabungan tersebut, Asisten Setda Sultra, Staf Ahli Gubernur Sultra, Para Kepala OPD Lingkup Pemprov, Para Sekretaris Dinas, Para Kepala Bidang Lingkup Pemprov.Sultra, Pejabat Fungsional dan seluruh staf Pemprov. Sultra.


Sekda Sultra dalam arahan yang menyampaikan beberapa hal terkait dengan amanat Bapak Pj. Gubernur, Saya atas nama pimpinan menyampaikan Selamat Natal tahun 2023.


Dari beberapa hari yang lalu, Pj. Gubernur Sultra, bersama Asisten dan Pejabat Lingkup Pemprov. Sultra mengunjungi gereja-gereja dalam rangka menyaksikan atau melihat persiapan-persiapan, gereja-gereja yang ada di Sulawesi Tenggara khususnya di Kota Kendari dan semua melaksanakan perayaan natal tahun ini dengan sangat baik.



(Foto/Ist).


Pada apel ini Pj. Gubernur menyampaikan beberapa capaian kinerja kita di tahun 2023, yaitu pertama kita telah berhasil dalam memperoleh beberapa apresiasi baik itu tingkat daerah maupun tingkat nasional antara lain capaian kita terkait dengan konsolidasi pengadaan aspal Buton untuk katalog elektronik lokal, jadi kalau orang mau beli aspal di seluruh Indonesia kita sudah bisa belanja di katalog dengan harga yang sama yang berbeda, hanyalah biaya transportasi atau biaya pengangkutan dari buton ke tempat pemesanan yang ada di seluruh wilayah Indonesia.


Berikutnya kita juga menjadi terbaik pertama kategori wilayah pusat pertumbuhan industri dari Kementerian, kemudian Juara ketiga dalam pembina produktivitas tenaga kerja kategori kecil dari Kemenaker, Kadis Dikbud Sultra mendapatkan Rekor MURI tanam holtikultura 2,7 juta serentak oleh pelajar SMA/SMK di Kabupaten Konawe, karena atas berhasil menggerakkan para pelajar.


“Saya kira motivasi ini perlu ditularkan kepada kita semua, kita juga juara 3 Anugerah legislasi tahun 2023 kategori pemerintah daerah provinsi dari Kemenkumham, juara 3 dalam pemanfaatan mail multi domain tingkat pemerintah provinsi dari Kemenkominfo  kita juga juara terbaik untuk provinsi terbaik, Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) tingkat nasional dari Kemenves kita berhasil menyabet 3 piala sekaligus selamat untuk Dinas Pariwisata,”Kata Asrun Lio.


Lanjut, atas semua capaian tersebut, jangan berpuasa diri kita harus tetap mengevaluasi karna serapan anggaran kita masih rendah.


Kemudian seluruh perangkat daerah agar memantau dan memaksimalkan serapan anggaran menjelang akhir tahun sehingga hari ini hari terakhir tanggal 27 Desember BPKD, supaya nanti segera dilaporkan pada penutupan KAS kita supaya bisa untuk dilaporkan kepemimpinan untuk mengetahui serapan anggaran kita masih ada waktu 


“Hari Jumat lalu, kita sudah mendeklarasikan resolusi tahun 2024 jadi resolusinya adalah pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara semakin berakhlak dengan bekerja cepat, tepat, ikhlas dan hasilnya akuntabel sehingga resolusi ini harus dipasang di seluruh kantor-kantor OPD, supaya kita ingat selalu dan itulah yang menjadi pengingat bagi kita agar resolusi ini menjadi menginternalisasi di dalam diri kita,”Ujarnya.


“Sehingga kita selalu ingat bahwa kita harus berorientasi pada pelayanan, kita harus loyal, kita harus memiliki empati, simpati terhadap lingkungan strategis kita, harus bekerja ingat bekerja, cepat sistem. Serta sistem sudah ada kita dalam bekerja untuk surat-menyurat sudah ada layanan online digital Sisumaker atau sistem surat masuk dan surat keluar, jadi itu digunakan karena kita sudah mengadaptasi sistem pelayanan bersurat dari Kementerian Hukum dan HAM dan ini mulai tahun 2024, tinggal beberapa hari lagi tidak ada lagi pelayanan surat-menyurat yang ditandatangani manual, semua sudah elektronik,”Sambungnya.


Kemudian beberapa hari lalu, Pj. Gubernur Sultra telah mengunjungi rumah sakit untuk mengecek kesiapan pelayanan rumah sakit pada akhir tahun disana masih kita temu, beberapa kendala-kendala dan masalah teknis yang sebenarnya tidak perlu terjadi.


Oleh karna itu, perhatian para direktur-direktur rumah sakit untuk memperhatikan pelayanan di rumah sakit dan kita akan terus melakukan penataan  ASN, sesuai dengan sistem merit referensi kita sudah jelas yaitu undang-undang nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengatur tentang penguatan pengawasan sistem merit itu, kita akan lakukan nanti sistem evaluasi  pengangkatan dan pemberhentian sesuai dengan aturan ASN, sehingga penetapan kebutuhan pegawai negeri sipil, berdasarkan pengangkatan sekarang yang ada untuk PPPK, ada isu-isu tentang PPPK ini, harap masing-masing OPD untuk memperhatikan jangan sampai isu pengangkatan PPPK ini ya menjadi masalah.


Kita semua memperhatikan tugas OPD adalah mengecek pegawai-pegawai honorer kita, yang tidak aktif dikeluarkan dan dilaporkan di BKD dan tidak ada lagi menambah pegawai honorer, sehingga yang ada dilindungi Undang-Undang mereka akan ditingkatkan nanti dari honorer menjadi PPPK secara bertahap nanti dikontrak tidak sesuai mereka tidak, bersinergi bekerja dengan baik, kita putuskan kontraknya


Kita juga memperhatikan kesejahteraan pegawai jangan ada pegawai-pegawai kita tidak perna diberangkatkan, karna salah satu kesejahteraan itu dari situ, para pimpinan di OPD-OPD untuk melihat jangan sampai ada teman-temanya sudah 20 berangkat, tetapi ada juga tidak pernah berangkat sehingga dicek betul-betul


Terakhir pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara sebagai honorer dilaporkan ke BKD, kemudian digitalisasi manajemen ASN termasuk di dalamnya adalah komponen manajemen ASN. Mari kita siapkan penyelenggaraan pemilihan dan Pemilihan Umum tahun 2024, masih ada yang belum mengajukan NPHD untuk Kabupaten/Kota nanti kita cek, jangan sampai masih ada kabupaten/kota yang belum melakukan transfer, sesuai dengan kesepakatan dalam NPHD 


“Seluruh ASN tanpa kecuali, untuk selalu menjaga netralitas ASN dan jangan terlibat politik praktis, kita punya hak politik semua tetapi nanti disampaikan pada ruang waktu yang tepat, pada harinya pasti kita semua memiliki keluarga sehingga berhati-hati sebagai ASN karena kita terikat oleh undang-undang dan terikat oleh aturan sekali lagi atas nama pimpinan, atas nama Pj. Gubernur, saya menyampaikan Selamat Natal bagi yang merayakan dan selamat menyambut tahun baru 2024,”Pesan Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara.(Nur).

Iklan

×
Berita Terbaru Update