-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Camat Dan Kapolsek Sungailiat Launching Pendataan Dana Kompensasi Nelayan Dari Panitia KIP Air Kantung

Senin, 29 Juli 2024 | 09.00 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-29T02:00:03Z


SIMPULINDONESIA.com_ BANGKA,- Kapal Isap Produksi mitra dari PT. Timah Tbk yang beroperasi di perairan Air Kantung rutin memberikan dana kompensasi bagi nelayan pesisir Sungailiat. 


Pemberian dana dari pengusaha KIP sesuai perjanjian yang memang telah disepakati bersama dengan kisaran besaran disesuaikan tonase dari hasil produksi.


Proses penyaluran dana kompensasi dari KIP mitra PT. Timah Tbk untuk nelayan pesisir diberikan kepada Panitia Penerima Dan Pembagian Dana Kompensasi Serta Pembongkaran Timah di Perairan Air Kantung Kecamatan Sungailiat.


Selanjutnya dana kompensasi yang sudah dikumpulkan di panitia KIP Air Kantung, akan disalurkan atau   diberikan kepada  nelayan pesisir yang berhak menerima setiap 6 bulan sekali. 


Untuk periode semester ke 2 tahun 2024 merupakan pengumpulan dana kompensasi dari bulan Maret 2024 sampai bulan Agustus 2024. Dana tersebut akan dibagikan pada hari Kamis tanggal 12 September 2024 akan datang.


Berkaitan permasalahan tersebut, Panitia KIP melakukan  launching kegiatan dimulainya  pendataan penerima dana kompensasi periode semester ke 2 tahun 2024, Minggu (28/07/2024) bertempat di Mega Resto, Lingkungan A.Yani Air Hanyut, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


Kegiatan launching pendataan dana kompensasi nelayan ini dihadiri langsung oleh Kapolsek Sungailiat, Camat Sungailiat dan juga hadir Lurah Kuday. 


Untuk kelancaran dan kemudahan proses dari kegiatan tersebut, Panitia KIP Perairan Air Kantung akan segera melakukan pendataan. Sebagian besar pendata merupakan Ketua RT setempat dan bekerja dalam pengawasan penuh Kepala Lingkungan (Kaling) atau orang lain yang ditunjuk untuk mengawasi. 


Kapolsek Sungailiat, Iptu Dwi Kurnia Ardianto Nugroho, S.Tr.K.  dalam keterangannya meminta kepada para pendata untuk bekerja sebaik mungkin dan harus tegak lurus sesuai dengan SOP yang sudah dibuat. 


Selain itu, Dwi Kurnia Ardianto juga meminta bagi para pendata untuk dapat mendata secara benar dan tepat sasaran. 


"Saya minta pendata bekerja tegak lurus, usahakan untuk tidak terjadi ribut dan minimalisirkan terjadinya konflik. Para pendata diberikan hak prerogatif jadi tolong di data dengan benar," tegas Dwi Kurnia Ardianto menekankan.


Sementara itu, hal senada disampaikan oleh Camat Sungailiat Aswan, SH. Dikesempatan itu dirinya mengucapkan terima kasih  dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Panitia KIP Perairan Air Kantung dengan melakukan pendataan dan memverifikasi ulang penerima kompensasi ini. 


Menurut Aswan dengan dilakukan  pendataan ulang setiap akan silakukan pembagian dana kompensasi,  diharapkan data benar benar akurat.


"Apabila nanti terjadi kendala dalam pendataan dan verifikasi data, saya berharap bisa diselesaikan dengan baik. Tapi saya yakin apabila pendata bekerja sesuai SOP, maka kendala yang timbul akan bisa diminimalisir dan diatasi," papar Aswan, SH. 


Lebih lanjut Camat Sungailiat juga berharap para pendata, pengawas dan juga team verifikator data bisa diberikan kekuatan dan kesehatan dari Allah SWT. Sehingga bisa menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya.


Dari hadil pantauan SimpulIndonesia.com di kegiatan lounching pendataan dana kompensasi KIP Perairan Air Kantung ini diakhiri dengan pemberian Surat Dugas resmi secara simbolis yang diserahkan kepada perwakilan pendata. 


Kapolsek Sungailiat memberikan surat tugas  kepada Hendra Ode, SPd yang juga merupakan ketua RT di Lingkungan Nelayan 2.


Sedangkan Camat Sungailiat memberikan surat tugas kepada Dra. Erna Rajatiningsih Ketua RT. 05 Lingkungan Air Kantung. (Edo)

Iklan

×
Berita Terbaru Update