-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Pentingnya Pengawasan Gizi Buruk Serta Pencegahan Stunting Pada Masyarakat, Pemdes Bontomacinna Adakan Rembuk Stunting

Kamis, 11 Juli 2024 | 10.35 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-11T03:35:18Z


SimpulIndonesia.com
_Bontomacinna, Pentingnya pengawasan serta pencegahan gizi buruk serta gejala gejala penyakit yang melanda masyarakat desa bontomacinna, Pemerintah Desa Bontomacinna mengadakan Rembuk Stunting yang diselenggarakan di aula kantor desa bontomacinna. Kamis, 11/07/2024.




Kegiatan ini dihadiri langsung oleh kepala desa bontomacinna H.A.Mulhariddin Djabbar, mewakili kepala Puskesmas Gattareng Andi Minhajuddin, ketua serta anggota BPD desa bontomacinna, Babinsa bontomacinna sertu Abdul Malik, bhabinkamtibmas bontomacinna Serka Sahabuddin, imam desa bontomacinna, serta para kepala dusun dan kader posyandu se desa bontomacinna.


Dalam Arahannya, Kepala desa bontomacinna Andi Mulhariddien berharap "Semua stakeholder baik BPD, kepala dusun sampai warga bontomacinna ikut serta membantu pengawasan pencegahan stunting yang ada di sekitar kita."



Andi Iccu sapaan akrab kepala desa bontomacinna menekankan bahwa apabila ada warga sekitar yang sakit ataupun ada gejala kelainan kesehatan di sekitar kita langsung melaporkan atau menghubungi pihak pemerintah desa maupun memanggil petugas posyandu itu sendiri. Pungkasnya;



Dari arahan bapak bupati bulukumba melalui dinas kesehatan selalu mewanti wanti semua kepala desa harus sigap dan bergerak cepat mengantisipasi terjadinya penyebaran penyakit serta menekan angka stunting yang di bulukumba. Tutupnya;


Andi Minhajuddin yang mewakili kepala Puskesmas Gattareng menjelaskan "Perlu kita ketahui jadi stunting itu adalah suatu kondisi di mana tinggi badannya atau panjang badannya anak anak balita kurang dari minus 2 standar deviasi menurut WHO yang disebabkan oleh malnutrisi akibat kurangnya asupan gizi ataupun adanya penyakit infeksi terutama pada 1000 hari pertama kehidupan."



Jadi 1000 hari pertama kehidupan itu adalah pada mulai saat dia hamil begitu ketemu sperma dengan ovum itu sudah terhitung sampai 2 tahun pertama kehidupannya. Kita lihat itu di bawah -2 standar deviasi itu termasuk kategori stunting, jadi sebenarnya itu tidak semuanya pendek hanya saja yang bisa mendiagnosa secara tepat stunting itu adalah dokter ahli anak. kita hanya bisa menyaring anak-anak yang pendek itu yang nanti mungkin di konsultasikan ke dokter yang spesialis anak.

Iklan

×
Berita Terbaru Update