-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Perhelatan Orientasi Kegiatan MPLS Bagi Siswa Baru SMP YPK Air Kenanga

Sabtu, 20 Juli 2024 | 04.06 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-19T21:06:15Z




SIMPULINDONESIA.com_ BANGKA,- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah periode orientasi yang di helat oleh pihak sekolah untuk para siswa yang baru masuk di sekolah tersebut.


Para siswa  diperkenalkan mulai dari lingkungan sekolah, para guru, staf sekolah, tata tertib sekolah, kawan-kawan sekolah, sarana dan prasarana, termasuk juga nilai dan norma di sekolah. 


Berkaitan dengan hal itu, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Air Kenanga,  beralamat di Jalan Raden Wijaya No. 50 Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  juga melakukan kegiatan yang serupa.


Pelaksanaan kegiatan Orientasi MPLS di SMP YPK Air Kenanga ini berlangsung selama  5 hari, terhitung sejak hari Senin hingga Jum'at (15-19/07/2024).


Kegiatan MPLS di SMP YPK Air Kenangan diikuti oleh 87 orang siswa yang baru masuk dengan mengambil tema "Membentuk Generasi Unggul Yang Sehat, Cerdas Dan Berkarakter Menuju Indonesia Emas 2045"


Kegiatan MPLS tahun ini diisi oleh berbagai macam kegiatan, baik itu berupa sosialisasi yang dilakukan pihak luar sekolah maupun juga kegiatan-kegiatan yang di pandu langsung oleh para guru dan juga dipandu oleh siswa  dalam wadah organisasi OSIS. 




Indra Gautama Putra, S. Dt.B selaku Kepala Sekolah SMP YPK Air Kenanga mengatakan bahwa dalam kegiatan MPLS tahun ini ada beberapa materi yang disampaikan pihak sekolah kepada para  siswa baru.


Seperti pendidikan karakter, pengenalan budaya lokal,  kesadaran berbangsa dan bernegara, pola hidup bersih dan sehat, tata krama, tata tertib sekolah,  narkoba, kurikulum merdeka, pembinaan mental. 


"Kami mengacu pada aturan MPLS dari dinas. Selain itu juga kami mengundang pembicara dari luar sekolah yaitu BNN (Badan Nasional Narkotika) Kabupaten Bangka dan juga dari pihak Polisi Lalu Lintas dari Polres Bangka," papar  Indra Gautama Putra. 


Indra Gautama Putra menyatakan bahwa  SMP YPK Air Kenangan sampai saat ini telah memiliki 260 siswa dari 3 angkatan dengan jumlah 9 kelas. Ini menunjukkan bahwa orang tua siswa sangat yakin dan percaya dengan sekolah ini. Sehingga mereka menitipkan anaknya di sekolah di tempat ini. 


"Kami bersukur sekolah ini ramai siswanya, dan tahun ini saja siswa yang masuk ada 87 siswa. jumlah ini diatas target kami," ujar Indra Gautama Putra.


Ia pun menambahkan bahwa sekolah SMP YPK Air Kenanga adalah satu-satu nya sekolah di wilayah Kabupaten Bangka yang memfasilitasi pelajaran untuk 5 agama. Kelimanya yaitu Islam, Budha, Katholik, Kristen dan Konghucu,


"Pelajaran pendidikan agama untuk siswa sesuai dengan agama yang mereka  anut," tutur Indra Gautama Putra. 


Oleh sebab itu Indra berharap setelah selesainya MPLS yang dilakukan pihak sekolah, peserta didik bisa langsung dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan lebih baik. Karena mereka sudah diberikan bekal yang cukup untuk memasuki fase proses belajar mengajar. (Edo).

Iklan

×
Berita Terbaru Update