-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Peringati HUT ke-2 Persikindo Babel, Gelar Fashion Show & Bazar Produk Karya Perempuan

Jumat, 12 Juli 2024 | 11.28 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-12T04:28:37Z


SIMPULINDONESIA.com_ PANGKALPINANG,- Pada  peringatan hari ulang tahun Persikindo yang ke-2 Tahun 2024, Dewan Perwakilan Daerah DPD Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DPD Persikindo Babel) menggelar acara  fashion show dan Bazar UMKM.


Acara yang diadakan di lantai 3 Gedung Museum  Batik Cual Ishadi, Jalan Jenderal A. Yani Pangkalpinang, Kamis (11/7/2024).


Dikesempatan itu, para srikandi Fashion Show mengenakan pakaian produk batik khas daerah Kepulauan Bangka Belitung. 


Sedangkan bazar menampilkan berbagai karya hasil kerajinan Babel, seperti produk kain batik cual dan ecoprint. Serta menampilkan makanan khas daerah Bangka Belitung.


Di HUT Persikindo kali ini mengambil tema “Penguatan Dan Pengembangan Diri UMKM Perempuan Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Keluarga” 


Ketua Panitia HUT Persikindo ke-2 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Misnarini, SH dalam sabutannya mengatakan Persikindo mempunyai visi menjunjung tinggi harkat dan martabat wanita Indonesia yang berwawasan ekonomi Pancasila.


Maka dari itu, DPD Persikindo Babel berinisiatif ingin melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik mungkin dan sukses.


Adapun acara hari ini terdiri dari Fashion Show dengan penampilkan terbaik produk-produk unggulan, pemotongan nasi  tumpeng dan bazar produk hasil dari tangan-tangan terampil anggota Persikindo Babel.


"Kami atas nama panitia mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan mengikuti dan memeriahkan kegiatan HUT ke-2 DPD Persikindo Babel," tukas Misnarini seraya menyebutkan bahwa sumber dana pelaksanaan kegiatan dari kas Internal DPD Persikindo Babel.


Sementara itu, Ketua DPD Persikindo Babel, Hj. Isnawaty Hadi  sebelum memulai kata sambutannya terlebih dulu berpantun.


Lagi musim liburan sekarang..

Mari jalan-jalan ke Menado..

Kami ucapkan selamat datang..

Di acara HUT Ke 2 PERSIKINDO..


Dikatakan Hj. Isnawaty bahwa Persikindo adalah organisasi  berbadan hukum dan legal. Persikindo baru terbentuk pada tanggal  24 Februari 2022 lalu di Jakarta. Jadi usianya baru seumur jagung. 




Tapi, saat ini sudah terbentuk di 34 Provinsi. Sedangkan di Babel pelantikan dan pengukuhan DPD dan ketua-ketua di 7 Kabupaten/Kota pada tanggal 23 Mei 2022 yang lalu. 


"Alhamdulillah, untuk sekarang Persikindo sudah terbentuk di 34 Provinsi. Di Bangka Belitung pelantikan dan pengukuhan DPD Persikindo dan pada tanggal 23 Mei 2022 yg lalu," ujar Isnawaty.


Isnawaty melanjutkan Persikindo merupakan wadah bagi para  UMKM Khusus Perempuan yg mana tujuannya untuk saling bertukar informasi, menjalin hubungan, saling berkolaborasi serta membuka link atau Networking seluas-luasnya. Sehingga, mampu menciptakan suatu usaha untuk menunjang perekonomian keluarga. 


VISI dari Persikindo Menjunjung Tinggi Harkat dan Martabat wanita Indonesia yg berwawasan Ekonomi Pancasila.


Misi PERSIKINDO adalah Memberikan Pelatihan, memfasilitasi permodalan, meningkatkan Produktivitas, memberikan pasar dalam dan luar negeri berazazkan Pancasila. 


Dalam acara Hut ke -1 Persikindo Babel, lanjut Isnawaty yang kerap di panggil Ibu Ishadi Cual ini bahwa pihaknya  berkolaborasi dgn CSR PT TIMAH. Dengan memberikan pelatihan Ecoprint kepada warga binaan di Lapas Perempuan klas 3 Kota Pangkalpinang dengan instruktur dari pengurus DPD Persikindo.


Selain  itu, pihaknya  juga  berkolaborasi dengan BKOW mengadakan acara bersih-bersih  pantai dengan  tema "Hijau Biru Babel Ku Di Pantai Pukan".


Lebih lanjut Ishadi Cual memaparkan bahwa Persikindo bermitra dengan Pemerintah, BUMN dan Swasta untuk mendapatkan peluang-peluang bisnis, untuk memfasilitasi anggota-anggotanya.


Sehingga dapat mengerjakan peluang bisnis tersebut sesuai dengan kemampuan dan bidang nya. Seperti mengikuti E Katalog di pemerintahan agar produk-produk pengurus dan anggota bisa diorder oleh pemerintah. Termasuk mengikuti digital marketing dan lain sebagainya.


“Untuk sekarang ini permintaan produk kita terutama kain cual sudah banyak. Kain Cual dikenal juga masyarakat luar. Kita juga dibantu promosi oleh Bank Indonesia dan pemerintah. Jadi produk kita sudah banyak dipakai di negara-negara luar,” ujarnya seraya mengatakan bahwa sebutan Cual adalah  "Celup Awal".


Ishadi Cual menyebutkan dirinya  cukup berbangga hati dengan pengurus dan anggota-anggota Persikindo dengan kerja keras dan cermat, mereka sudah mendapat penghargaan Paramakarya Tingkat Nasional sebanyak  2 orang. Dirinya sendiri tahun 2009 mba Hera sirup Mirando dan pemenang AKI juga.


Selain itu, beberapa teman kemaren terpilih mendapatkan UKM Award, Veni bumbu dan  Cindy Kritcu. Kemudian Tahun kemaren Batik kampung  Katak dan Nina cumi krispy  juga mendapatkan penghargaan dari BI. 


"Semoga teman-teman yang belum berhasil bisa lebih giat, lebih kreatif dan inovatif dalam mengembang produknya," pinta Ishadi Cual penuh harap.


Dipenghujung sambutanya Ishadi Cual menegaskan bahwa acara peringatan Hari jadi PERSIKINDO ini bukan hanya bersifat seremonial belaka yang tidak memiliki arti sama sekali.


Akan tetapi moment ini harus dijadikan sebagai langkah strategis, untuk evaluasi dan proyeksi kedepan, membuka peluang usaha yang berkesinambungan, sebagai upaya membangun serta meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kehidupan berbangsa. 


"Jadi, teman-teman ku, srikandi-srikandi yang hebat, kita harus bisa melihat apa yang telah kita lakukan tahun lalu, sekarang dan tahun depan. Bagaimana dgn usaha kita, apakah cukup berkembang dan menjadi UMKM naik kelas," Imbuh Ishadi Cual mengingatkan.


Sementara itu, Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safriati Safrizal begitu mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan DPD Persikindo Babel dalam HUT nya yang ke-2 kali ini. Diriku takjub dan terkesan melihat produk-produk karya UMKM Babel ini.


“Pertama-tama saya mengucapkan selamat ulang tahun untuk Persikindo. Maju san sukses selalu. Dihari ini kita bisa lihat dari segi model, bahan, corak-coraknya batik ini sudah sangat bervariasi dan cantik sekali. Mudah-mudahan kedepannya akan banyak lagi kreasi serta inovasi yang dapat dihasilkan Persikindo maupun dari organisasi-organisasi perempuan lainnya,” tutur Safriati Safrizal.


Di usia ke-2 Persikindo ini, Safriati Safrizal mengibaratkan seperti anak ajaib, karena pada usia bari dua tahun Persikindo Kepulauan Babel sudah banyak menghasilkan berbagai karya, seperti kain batik cual, batik kampung katak, ecoprint dan berbagai makanan khas daerah di Negeri Serumpun Sebalai ini.


UMKM perempuan  Persikindo ini juga telah menjalin kerja sama serta berkomunikasi dengan banyak orang. Ini bisa menjadi salah satu contoh bagi organisasi-organisasi perempuan lainnya di daerah ini.


Safriati Safrizal ZA yang  juga sebagai Pj Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Kepulauan Babel menyebutkan akan selalu  bersinergi  dengan Persikindo Babel. Program-program  BKOW mensinergikan dengan Persikindo, guna meningkatkan kualitas UMKM di Bangka Belitung.


"Kita bisa lihat dari segi model, bahan, corak-coraknya batik ini sudah sangat bervariasi dan mudah-mudahan kedepannya akan banyak lagi kreasi serta inovasi yang dapat dihasilkan Persikindo yang berulang tahun maupun dari organisasi-organisasi perempuan lainnya," katanya. 


Kegiatan ini di hadiri perwakilan PJ Gubernur sebagai dewan pembina DPD PERSIKINDO BABEL, Forkopinda Babel, Ketua BKOW Babel,  Ibu Nana Safriati Syafrizal sebagai Dewan Penasehat DPD PERSIKINDO BABEL. Ibu Martha Ketua Bhayangkari Babel sebagai Dewan Penasehat DPD PERSIKINDO BABEL.


Turut hadir Walikota Pkpinang/ yg mewakili, para dewan pembina DPD PERSIKINDO BABEL, Pimpinan BI Kwp Babel, Plt Kepala Dinas Koperasi Babel, ibu Reza. Kepala dinas Disperindag, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Kominfo Kepala Dinas Kesbangpol, Ketua Kadin Babel  CSR PT Tima,  Ketum Lantip Babel, Kombes Zaidan  Asosiasi HIPMI, Gapensi, Gapeksindo, SPSI, PHRI, ASITA, INI dan Kepala kantor Bea Cukai Pangkalpinang. (Aimy).

×
Berita Terbaru Update