-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Buka Perkemahan Pramuka Se Gantarang, Ketua Mabiran: Pramuka Sebagai Salah satu Pilar Pendidikan Kaum Muda

Sabtu, 10 Agustus 2024 | 19.46 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-10T12:46:10Z


SimpulIndonesia.com
_Bulukumba, Perkemahan menyambut Hari Pramuka ke 63 Tahun 2024, tingkat Kwartir Ranting Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba resmi dibuka, berlangsung di Bumi Perkemahan Kampung Pramuka Kalimmessang, Kelurahan Mariorennu Kecamatan Gantarang, Sabtu 10 sampai 13 Agustus 2024.



Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Mabiran Muhabbabe, Babinsa dan Babinkamtibmas kelurahan Mariorennu, para Majelis gugus depan sekecamatan Gantarang serta ribuan peserta dari 56 sekolah tingkat SD, SMP dan SMA sederajat se Kecamatan Gantarang.


Dalam laporannya, Ahmad Syahrir selaku Ketua Panitia menyampaikan tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan silaturahmi antar gugus depan se Kwartir ranting Gantarang, mengembangkan bakat dan potensi peserta didik khususnya di bidang kepramukaan dan karakter budaya bangsa juga melatih peserta didik menjadi disiplin, kreatif, sportif, kompetitif dan mandiri.


"Untuk jenis lomba yang diadakan untuk tingkat SD lomba PBB, Pemecahan Sandi, Piramida Kaki 3, Hafalan Surah-surah pendek, SMP lomba PBB, Pionering Kreatif, Semarphone, Desain Grafis, Cerita Islami, untuk SMA lomba PBB, Bangunan Kreatif, Morse, Desain Grafis, MSQ. Juga ada lomba eksebisi tingkat SD Tari Kreasi, SMP Qasidah dan SMA Vokal Grup," bebernya.


Ketua Majelis pembimbing ranting sekaligus Camat Gantarang menyampaikan, gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal yang tujuan utamanya adalah untuk membentuk kaum muda berkarakter, menanamkan semangat kebangsaan dan meningkatkan keterampilan, untuk itulah kerja sama dengan berbagai pihak sangat diharapkan. Karena kaum muda merupakan bagian terbesar penduduk indonesia yang harus diselamatkan dari cengkraman berbagai masalah.


"Pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda," ungkapnya.


Lebih lanjut ia menjelaskan tema hari pramuka ke 63 tahun 2024 ini adalah Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI". Oleh karena itu, Ia mengajak seluruh peserta satukan tekad untuk bahu membahu menjadikan gerakan pramuka sebagai ujung tombak pembentukan karakter dalam menanamkan jiwa pancasila dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.


"Semoga dengan semangat kepramukaan yang kita miliki dapat menjadi pemicu untuk senantiasa berkarya demi daerah, bangsa dan negara yang kita cintai ini," tambahnya.


Pada kesempatan itu beliau juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu gerakan pramuka. Ucapan terima kasih ini terutama kepada seluruh anggota pramuka yang telah membantu terlaksananya pengembangan gerakan pramuka di Kecamatan Gantarang.


"Semoga upaya yang kita lakukan senantiasa mendapatkan ridho tuhan yang maha kuasa. Satu pramuka untuk satu Indonesia, Jayalah pramuka dan Jayalah Indonesiaku," 

Iklan

×
Berita Terbaru Update