-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Ketua Kwarcab Bulukumba Edi Manaf Menutup Perkemahan Serta Meresmikan Tugu Pramuka di Kampung Pramuka kalamassang

Rabu, 14 Agustus 2024 | 16.38 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-14T09:38:27Z


SimpulIndonesia.com
_BULUKUMBA, Perkemahan Pramuka Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba sukses terlaksana dan resmi ditutup dirangkaikan dengan peresmian Tugu Kampung Pramuka oleh Ketua Kwarcab Pramuka Bulukumba, Edy Manaf, Selasa, 13 Agustus 2024.


Pada kesempatan ini, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Bulukumba, Edy Manaf menyampaikan apresiasi kepada Kwarran Gantarang atas inisiatifnya menghadirkan Kampung Pramuka. Ia mengaku dengan adanya Kampung Pramuka ini ada keberkahan yang lahir dari sini, bergerak sampai di kecamatan lain.


"Hari ini menjadi kekuatan yang maha dahsyat Pramuka lahir dari suatu proses yang begitu panjang negara ini tidak hadir tanpa keberadaan Pramuka. Oleh karena itu, Pramuka harus terus kita gelorakan menjadi benteng terkuat untuk menahan laju pengaruh-pengaruh yang berimbas kepada negara kesatuan Republik Indonesia," ungkapnya.


Beliau juga menyampaikan setelah melakukan kunjungan dari semua kecamatan ternyata ada nilai-nilai kebangsaan yang bergeser oleh karena itu keberadaan para pembina di setiap sekolah tolong beri pendidikan anak-anak bagaimana mengenal para pahlawan. 


"Saya menitipkan dengan ditutupnya perkemahan ini ada nilai-nilai yang kita bawa yang kita kenal bagaimana menjadi Pramuka yang tak dengan mengucapkan perkemahan Hari Pramuka," tutupnya.


Terpisah, Ketua Kwarran Gantarang, Zulkifli menjelaskan Kampung Pramuka, adalah kampung yang didalamnya bernuansa pramuka, seperti nama jalan yang ada di sana menggunakan nama-nama Pramuka seperti jalan Dasadarma, Tri Satya, dan nama jaln lainnya.


"Tujuan kampung Pramuka ini nanntinya dapat dijadikan sebagai pilotin dalam pembentukan karakter menyeluruh dan hanya ke anak sekolah tapi seluruh masyarakat yang ada di kampung Pramuka Kalamassang akan tetapi dilakukan secara bertahap dalam pengorganisasiannya.


Ia berharap dengan diresmikannya kampung Pramuka, maka seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah setempat maupun tokoh masyarakat, toko pemuda, tokoh agama untuk bersatu padu membangun kampung Pramuka terutama pembentukan karakter.


Adapun Daftar Juara Umum Lomba Kepramukaan di Kwarran Gantarang diantaranya untuk tingkat SD/MI

Putra 1 SDN 38 Gattareng, 2 SDN 45 Dampang

3 MIN 1 Bulukumba, Putri 1. SDN 203 Bontomacinna, 2 MIS Al Mubarak dan 3 SDN 26 Matekko Piala Bergilir SDN 38 Gattareng (Putra) dan SDN 203 Bontomacinna (Putri).


SMP sederajat putra juara 1 MTsN 1 Bulukumba 2 MTs Al-Huda dan 3 SMPN 5 Bulukumba putri juara 1 MTs Al-Huda, 2 MTs 21 Bacari dan 3 MTs Guppi Batuara piala bergilir Putra MTsN 1 Bulukumba dan Putri MTs Al-Huda


SMA sederajat Putra juara 1 MAS Gunung Jati , 2 MAS Batuara, 3 SMAN 19 Bulukumba 

Putri juara 1 MAS Batuara, 2 MAS Gunung Jati 

dan 3 SMAN 19 Bulukumba Piala Bergilir

putra MAS Gunung Jati dan putri MAS Batuara Bontomacinna.

Iklan

×
Berita Terbaru Update