-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

KKN Tematik di Kelurahan Talia, Edukasi Bank Sampah Hingga Ekonomi Sirkular

Selasa, 13 Agustus 2024 | 21.18 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-13T16:18:35Z

 

Gambar : KKN Tematik di Kelurahan Talia Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. (Foto/Ist).

SimpulIndonesia.com __ KENDARI,— Kelompok KKN Tematik Kelurahan Talia edukasi Bank sampah dapat memiliki peran untuk menumbuhkan ekonomi sirkular. Selasa (13/08/2024).


Diketahui ekonomi sirkular merupakan metode membangun keseimbangan alam serta mengajak masyarakat untuk menabung di bank sampah agar hidup menjadi berkah.


Satriani perwakilan kelompok ll kelurahan Talia mengatakan bahwa masyarakat terkait menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya soal membuang sampah pada tempatnya.


“Tidak hanya soal buah sampah pada tempatnya, namun juga perlunya edukasi serta sosialisasi secara langsung maupun melalui FGD atau seminar dialog publik agar masyarakat paham mengenai metode ekonomi sirkular dalam bank sampah,” Katanya.


Perwakilan KKN tematik itu menerangkan bahwa  Perlu penerapan tiga prinsip dalam metode ekonomi sirkular.


“Ada tiga prinsip yang pertama adalah dengan meminimalisir sampah, merancang agar produk dari sampah yang sudah tidak di gunakan dapat bertahan lama, serta didaur ulang agar produk tidak berakhir di TPA,” Terangnya.


Selain itu, Bisa juga melalui kegiatan ekobrik bisa mengasilkan keuntungan.


“Misalnya(kertas Snack dan botol akua) sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang lebih banyak dari hasil kerajinan tersebut di kelurahan Talia,” Jelasnya.


Sementara itu, Apabila gerakan ekonomi sirkular ini berjalan, maka pengolahan sampah akan lebih optimal dan  cepat, sehingga menghindari penumpukan di bank sampah kelurahan Talia, bahkan juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan tambahan untuk masyarakat setempat. (Andi/Nur).

Iklan

×
Berita Terbaru Update