-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Mewakili Bupati Bulukumba, Kadisparpora Bulukumba Ferryawan Membuka PIRR se Sulawesi Selatan

Kamis, 01 Agustus 2024 | 16.58 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-01T10:14:42Z


SimpulIndonesia.com_BULUKUMBA, Sebanyak 105 peserta didik tingkat SMP dan SMA sederajat mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Regional (PIRR) Sulsel ke XVI yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerjasama Disparpora Bulukumba, berlangsung di Hotel AGRI Kabupaten Bulukumba, mulai 31 Juli hingga 2 Agustus 2024.



Dalam pembukaan kegiatan tersebut, hadir direktur manajemen talenta badan riset dan inovasi nasional, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba,  Ferryawan Z Fahmi, Pimpinan OPD Bulukumba, Kepala Cabang Dinas Pendidikan. Wilayah V, dan panitia pelaksana PIRR Ke XVI.


Dalam sambutannya, Ferryawan Z Fahmi mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada BRIN atas kerjasama dengan Disparpora Bulukumba dalam melaksanakan PIRR tersebut.


Ia berharap hal ini dapat menjadi wadah yang akan menumbuhkan motivasi dan menghasilkan karya serta inovasi teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi kehidupan manusia terutama dalam mendukung pengelolaan Sumber Daya Alam dan penciptaan iklim ramah lingkungan pelestarian biodiversitas dan ekosistem yang berkelanjutan.


"Melalui ini, maka pengembangan wawasan dan keterampilan khususnya bagi para pelajar dan kalangan generasi muda pada umumnya diharapkan dapat merangsang tumbuhnya bakat dan minat melalui orientasi potensi dan karakter dalam berbagai bentuk kegiatan seperti PIRR ini," ungkapnya.


Lebih lanjut Ia menyampaikan harapannya melalui ini, peserta dapat memberikan gambaran terhadap keberhasilan pembinaan tim tidak hanya di lingkungan sekolah. Namun juga kreativitas dan karya yang timbul dari dorongan lingkungan keluarga dan masyarakat indikator keberhasilan akan ditentukan sejauh mana karya teknologi ilmiah dapat memenuhi kategori sehingga layak untuk mendapatkan pendidikan dan dinyatakan sebagai suatu prestasi.


"Keberhasilan untuk meraih prestasi tertentu tidak datang dengan sendirinya akan tetapi dibutuhkan semangat kesabaran dan kemampuan untuk mengoptimalkan pikiran perasaan dan tindakan dalam bentuk kreativitas untuk menghasilkan sebuah inovasi oleh karena itu kita yakin mereka yang mampu mengelola daya kreativitas dan imajinasi akan dapat mengembangkan potensi dirinya secara berdaya guna dan berhasil guna," tambahnya.


Beliau mengucapkan selamat berkarya dan berharap kiranya kesempatan harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya perkara lain berkarya lah untuk kemaslahatan manusia adalah prestasi yang dapat menurunkan nama Kabupaten Bulukumba yang dicintai bersamaan.


"Kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung dan fasilitas kegiatan ini saya berharap agar dapat terus memberikan bimbingan dan mengarahkan mereka untuk berkompetensi serta beberapa yang meningkatkan kualitas dan prestasinya dalam menghasilkan karya dan bermanfaat bagi peneliti dan pengembangan," tuturnya.


Sebelumnya, Ketua Panitia Alimuddin menjelaskan kegiatan ini merupakan implementasi dari nota kesepahaman antara BRIN dan Pemkab Bulukumba tanggal 31 Maret tahun 2023 tentang penelitian pengembangan pengkajian dan penerapan serta inovasi dan juga merupakan rekomendasi Gubernur Sulawesi Selatan tanggal 19 Juli 2024.


"Jumlah peserta yang ikut berkompetisi di kegiatan ini berasal dari 21 sekolah tingkat SMP dan SMA dari berbagai Kabupaten Kota di Sulsel, seperti Makassar, Luwu dan beberapa Kabupaten tetangga lainnya. Sekedar diketahui, selain dilaksanakan secara indoor kegiatan juga dilaksanakan secara outdoor dengan mengunjungi berbagai lokasi wisata di Bulukumba," tutupnya.

Iklan

×
Berita Terbaru Update