-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Rakerda Pergabi Babel, Ajang silaturahmi, Tukar pikiran, ide & Gagasan Bagi Guru Agama Buddha

Sabtu, 03 Agustus 2024 | 21.15 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-03T14:15:59Z




SIMPULINDONESIA.com_ BANGKA,- Setelah resmi terbentuk pada bulan April 2024 lalu, hari ini Pengurus Daerah Persatuan Guru Agama Buddha Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (PD Pergabi Babel) Melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda).


Rakerda PD Pergabi  Babel dilaksanakan di  Vihara Vimalakirti, Jalan Gajah Mada No. 175 Kelurahan Air Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (03/08/2024).


Pergabi adalah sebuah organisasi profesi bagi guru agama Buddha di seluruh Indonesia. Organisasi ini berada dibawah binaan Ditjen Bimas Buddha Kemenag RI. 


Salah satu tujuan dibentuknya adalah untuk mengimplementasikan pembelajaran pendidikan agama Buddha yang terintegrasi pada nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam rangka moderasi beragama. 


Ketua PD Pergabi Babel, Endro Lukito, S.Ag, mengatakan  kegiatan ini diikuti seluruh anggota yang ada di Bangka Belitung. Sekarang ini jumlah  anggota Pergabi di Babel seluruhnya berjumlah 73 orang. 


Untuk Anggota yang berada di Pulau Bangka, mereka  datang langsung ke tempat acara. Sedangkan yang berada di pulau Belitung mereka mengikuti secara  daring atau online.


Dikatakannya, dengan adanya Rakerda ini diharapkan guru bisa menjadi ujung tombak di bidang pendidikan. Sehingga dapat membentuk dan menghasilkan siswa yang berkarakter dan  kepribadian. Sekaligus kecerdasan dan ketrampilan bagi siswa-siswa yang beragama Buddha. 


Dengan begitu, lanjut Endro Lukito, diharapkan siswa yang dihasilkan dapat menjadi contoh sekaligus teladan dalam kehidupan  masyarakat dan juga umat Buddha pada khususnya. 


"Kita rencanakan Rapat Kerja Pergabi untuk jangka pendek dapat dilaksanakan enam bulan sekali dan jangka menengahnya satu tahun sekali. Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan tukar pikiran, ide, dan gagasan bagi guru agama Buddha di Provinsi Babel," papar Endro Lukito, S.Ag menjelaskan.


Sedangkan Wishnu Widiyanto, SH, selaku Pembimas Agama Buddha Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya di acara  pembukaan menyampaikan bahwa penganut agama Budha di Babel cukup banyak. Terdapat hampir 64 ribu warga Babel beragama Budha. 


Lebih lanjut dirinya menyebutkan bahwa pendidikan adalah media atau jalur yang paling tepat untuk dapat menciptakan generasi beragama yang baik. 


Oleh sebab itu, ia berharap dengan rapat kerja Pergabi ini benar-benar bisa dihasilkan rumusan-rumusan, pemikiran dan ide cemerlang. 


Dengan harapan, ll kedepannya nanti bisa menciptakan generasi Buddha yang baik menuju Indonesia Emas. 


"Saya berharap kiranya umat Buddha di Babel bisa terus bersinergi dengan semua pihak. Karena Babel ini multi kultural yang harus terus dijaga harmonisasi kehidupannya dengan baik," Tutur Wishnu Widiyanto, SH, berharap.


Masih di tempat yang sama, harapan serupa disampaikan oleh Pengawas Pergabi Babel, Sarjono, S.Ag. Ia berharap semua pengurus dapat bekerja dengan baik dan bekerja sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Rumah Tangga (AD/ART) Pergabi Babel. 


"Semua pengurus harus berkerja sesuai AD/ART organisasi dan kita sangat berharap nanti organisasi Pergabi akan dapat memberikan efek positif untuk kemajuan Provinsi Bangka Belitunh," ungkap Sarjono, S.Ag penuh harap. (Edo)

Iklan

×
Berita Terbaru Update