-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Vihara Vimalakirti Laksanakan Upacara Ullambana, Wujud Bakti Anak Kepada Orang Tua

Senin, 12 Agustus 2024 | 17.34 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-13T02:34:00Z


SIMPULINDONESIA.com_ BANGKA,- Tradisi menunjukkan wujud bakti anak kepada orang tua dalam agama Buddha tercermin dalam ritual upacara Ullambana.


Ritual upacara Ullambana atau dalam agama Buddha disebut juga sebagai Patidana dilaksanakan oleh ratusan umat Buddha yang dipimpin oleh anggota Sangha pada Minggu (11/08/2024) pukul 09.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB di Vihara Vimalakirti, Jalan Gajah Mada No. 175 Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepualauan Bangka Belitung.


Upacara Ullambana merupakan pelimpahan jasa kepada semua mahluk yang dilaksanakan pada tanggal 15 bulan 7 penanggalan imlek. 


Ketua Vihara Vimalakirti, Dwi Harto dalam keterangannya mengatakan sejarah dari upacara Ullambana berawal dari salah satu murid utama sang Buddha bernama Yang Ariya Moggallana. 


Dalam meditasinya, dirinya melihat ibundanya menderita dalam alam setan kelaparan. Karena saat hidup banyak melakukan karma buruk. 


Sehingga dihukum dijatuhkan dalam alam neraka, yaitu setan kelaparan.Sedangkan Yang Ariya Moggallana dengan kekuatan batinnya tidak dapat menolong ibunya.


Lalu  Yang Ariya Moggallana memohon petunjuk dari Guru Agung Buddha Sakyamuni. Dirinya di suruh Buddha  agar berbuat kebajikan dengan memberikan

persembahan kepada Sangha. Kemudian memohon agar jasa dari kebajikan dengan dilimpahkan kepada ibunya.


"Setelah memperoleh pelimpahan jasa tersebut, Ibunda dari Yang Ariya Moggallana terlahir di alam surga," ujar Dwi Harto.


Dwi Harto juga menjelaskan, dalam pelaksanaan ini umat berpartisipasi dengan berdana memberikan persembahan makanan di altar Buddha.  


Dengan tujuan supaya dapat dilimpahkan kepada leluhur yang telah meninggal dunia dan terlahir di alam menderita.


"Harapan dari pelaksanaan ini adalah supaya leluhur dari anggota keluarga yang saat ini masih hidup dan berdana atas nama keluarga/leluhur yang telah meninggal dunia dapat menerima pelimpahan jasa ini dan berbahagia sehingga dapat terlahir di alam bahagia serta terbebas dari penderitaan," tutur Dwi Harto dengan ramah. 


Disisi lain Dwi Harto menyebutkan bahwa  pelaksanaan upacara Ullambana dapat terlaksana berkat kerja sama antara pengurus Vihara, pengurus yayasan, Wanita Buddhis Indonesia Vihara Vimalakirti, muda - mudi Buddha, donatur, serta seluruh umat Buddha yang berpartisipasi. 


"Semoga pelaksanaan upacara Ullambana ini bisa lebih ramai lagi ditahun tahun kedepan, sehingga seluruh umat Buddha Vihara Vimalakirti dapat melaksanakan satu kebajikan melalui berdana" Harap Dwiharto sambil mengakhiri pembicaraan. (Edo)

Iklan

×
Berita Terbaru Update