-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

45 Anggota DPRD Babel Resmi Dilantik & diambil Sumpah Janji Jabatan

Kamis, 26 September 2024 | 08.06 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-26T01:06:28Z


SIMPULINDONESIA.com_  PANGKALPINANG- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DPRD Babel) menggelar Rapat Paripurna Istimewa, pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2024-2029.


Dalam rapat yang di gelar di ruang Paripurna Gedung DPRD Babel tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Babel, Herman  Suhadi, pada Selasa (24/9/2024).


Sedangkan Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan  sebanyak 45 anggota DPRD ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Babel, H Suwidya, SH, LLM bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel.


Dalam prosesi pelantikan ini juga  disaksikan oleh Penjabat Gubernur Kepulauan  Babel, Sugito, unsur Forkompimda, Pj Sekda Babel Fery Afiyanto serta para tamu undangan.



Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi mengatakan setelah melewati proses yang cukup panjang, akhirnya 45 anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung Periode 2024-2029 secara resmi dilantik dan diambil sumpah janji jabatannya.


Sementara itu, Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung H Suwidya, SH, LLM  mengatakan sumpah jabatan yang dilakukan oleh para Anggota DPRD Babel  ini, disamping disaksikan diri sendiri dan semua yang hadir juga sumpah ini disaksikan oleh Tuhan. Karena Tuhan Maha Mendengar dan Mengetahui.


"Sumpah ini hendaknya diucapkan dengan penuh  kesadaran dan kemauan sesungguhnya," ujar Suwidya.


Sementara itu, dalam keteranggan PLt Sekretaris DPRD Babel Dedy Apriandy menyebutkan  bahwa pimpinan sementara DPRD Babel yakni Didit Srigusjaya dari PDI-P dan Wakil ketua Eddy Iskandar dari Partai Golkar.


"Untuk Ketua  sementara yakni bapak Didit Srigusjaya dan wakil Ketua sementara bapak Eddy Iskandar," tutur Dedy Apriandy.


Dilansir dari Dinas Kominfo Babel, Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sugito, S.Sos., MH mengatakan atas nama Pemprov Babel mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD yang baru dilantik. 


Semoga amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab dan dedikasi.


"Saya mewakili Pemprov Babel mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD yang baru dilantik. Semoga amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab, dan dedikasi," ungkap Sugito dalam sambutannya.


Ia menyatakan sebagai salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, DPRD memiliki peran yang strategis sebagai mitra sejajar. 


"Kami berharap agar DPRD dapat bersinergi untuk mewujudkan visi bersama dalam membangun dan memajukan daerah," tuturnya berharap.


Sugito menegaskan bahwa sinergi ini diperlukan untuk mempercepat pembangunan di segala bidang, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana cita-cita pembentukan provinsi.


"Kami di Pemprov Babel siap mendukung penuh kinerja DPRD dalam menjalankan fungsinya, baik dalam pembentukan peraturan daerah, penganggaran, maupun pengawasan. Selain itu, kami selalu terbuka menerima kritik dan saran yang konstruktif demi kemajuan daerah. Kritik yang membangun adalah bagian penting dari perbaikan pelayanan publik agar semakin efektif dan efisien," jelasnya.


Dirinya pun berharap, sebagai wakil rakyat, anggota DPRD Babel yang baru dilantik ini mampu menyerap aspirasi masyarakat dan melahirkan berbagai peraturan daerah yang mampu mendorong transformasi ekonomi. 


Dengan demikian, bisa membawa provinsi ini menuju masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan.


"Sekali lagi, saya ucapkan selamat bertugas. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa membimbing dan melindungi kita semua dalam mengemban amanah ini," imbuhnya.


"Mari kita wujudkan Bangka Belitung yang lebih maju, sejahtera, dan berdaya saing," ajak Sugito menutup pembicaraannya.


Sementara itu, selesai pengambilan sumpah dan janji jabatan, Rapat Paripurna dilanjutkan dengan penunjukan Didit Srigusjaya dari PDI-P sebagai Ketua DPRD Babel sementara dan Edy Iskandar dari Partai Golkar sebagai Wakil Ketua DPRD Babel sementara.


Dalam keterangannya, Ketua Sementara DPRD Babel, Didit Srigusjaya mengatakan pihaknya akan segera bekerja karena proses pelantikan sudah selesai.


"Nanti Setelah dilantik jam 14.00 WIB  kita akan rapat Banmus. Besok dudah gerak jangan lengah lagi. Pertumbuhan ekonomi Babel 1 persen di Babel karena ekonomi disinilah kita butuh peranan pemikiran DPRD," katanya.


Kepada anggota DPRD Babel periode yang baru ini, Dudit mengajak untuk menjaga kebersamaan, kekompakan serta menghilangkan warna demi untuk kepentingan rakyat.


"Kita ketahui dan kita pun sadari bahwa harapan masyarakat kepada DPRD Babel yang baru ini tinggi sekali. Untuk itu kita  jangan main-main. Nanti dihukum masyarakat. Sedangkan pekerjaan rumah kedepan sangat-sangat besar," celotehnya untuk saling mengingatkan satu sama lainnya sesama rekan Anggota Dewan Babel.


Dari pantauan SimpulIndonesia.com di seputaran lokasi Gedung DPRD Babel nampak terlihat ratusan orang memenuhi seputaran Gedung tersebut. Mereka terdiri oleh sanak keluarga dan rekan dari para wakil rakyat tersebut.


Begitu juga terlihat jejeran karangan bunga ucapan sukses dan selamat dari berbagai pihak atas pelantikan DPRD tersusun rapi diluar gedung DPRD Babel. (Aimy).

×
Berita Terbaru Update