-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Forum Duta Sekolah SMK TI Bulukumba : Membangun Jembatan Prestasi dan Promosi Budaya

Minggu, 08 September 2024 | 18.47 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-08T11:47:26Z

 


BULUKUMBA — Dalam upaya memperkuat peran peserta didik dalam mengembangkan dan mempromosikan pariwisata lokal, SMK TI Bulukumba telah mengambil langkah strategis dengan membentuk Forum Duta Sekolah (FDS).


Inisiatif ini dirancang untuk menanamkan kecintaan terhadap budaya lokal dan mengasah keterampilan kepemimpinan di kalangan siswa, mempersiapkan mereka tidak hanya sebagai pelajar, tetapi juga sebagai duta wisata dan budaya.




Fatmawati Umboh, S.Pd., Kepala UPT SMK TI Bulukumba, menekankan pentingnya peran aktif peserta didik dalam mempromosikan keunikan daerah.


“Forum Duta Sekolah adalah wadah bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan kepemimpinan sambil memperdalam pengetahuan mereka tentang kebudayaan lokal, khususnya kapal pinisi yang merupakan ikon Bulukumba,” ungkap Fatmawati.


FDS telah menjadi katalis bagi siswa SMK TI Bulukumba untuk berpartisipasi lebih aktif dalam berbagai kegiatan dan kompetisi, baik di tingkat lokal maupun nasional.



Melalui forum ini, siswa diajak untuk merancang dan mengimplementasikan berbagai program yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata lokal kepada masyarakat luas.


“Kami berupaya mengajarkan siswa kami untuk menjadi pemikir kreatif dan inovatif, yang mampu membawa ide-ide segar dalam memajukan pariwisata daerah,” jelas Fatmawati.



Salah satu peran yang telah dilaksanakan Forum Duta Sekolah adalah partisipasi aktif dalam Festival Pinisi dengan ikut serta dalam ajang Pemilihan Duta Wisata.


Para peserta didik FDS SMK TI Bulukumba tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk memperluas jaringan mereka, tetapi juga berhasil memenangkan penghargaan yang meningkatkan reputasi sekolah mereka sebagai pusat keunggulan dalam bidang kepariwisataan dan kebudayaan.



Dengan dukungan penuh dari sekolah dan yayasan, FDS terus berupaya mengidentifikasi dan mengembangkan potensi siswa dalam berbagai bidang, tidak terbatas pada pariwisata saja.


“Kami ingin siswa kami tidak hanya menjadi wajah dari sekolah, tetapi juga menjadi duta untuk Bulukumba dan Indonesia,” tambah Fatmawati.


Dengan semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh anggota FDS, SMK TI Bulukumba berharap dapat terus menginspirasi dan mengedukasi generasi muda untuk memelihara dan mempromosikan warisan budaya serta pariwisata daerah.


Harapanya, membawa nama Bulukumba ke kancah yang lebih luas. Keberhasilan ini membuktikan bahwa pendidikan tidak hanya terbatas pada ruang kelas, tetapi juga meluas ke pengembangan keterampilan kehidupan yang berharga.




----------

Laporan : Ahmad BTKR. Robbani

Dokumentasi : Facebook

Smaga Bulukumba (SMAN 3 Bulukumba)

Fatmawati Umboh

Iklan

×
Berita Terbaru Update