-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Punyai Potensi Alam yang Tinggi, KKN Tematik Universitas Halu Oleo Gelar Pelatihan di Kelurahan Lalowaru, Moramo Utara

Minggu, 01 September 2024 | 21.07 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-01T14:07:50Z

 

(Gambar/Istimewa)

SimpulIndonesia.com__KONAWE SELATAN,— Menjadi salah satu desa pesisir dengan potensi sumberdaya alam yang tinggi, KKN tematik Universitas Halu Oleo (UHO) gelar pelatihan di Kelurahan Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan.


Diketahui pelatihan ini diadakan sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat yang dirancang untuk memberdayakan nelayan lokal dalam meningkatkan hasil tangkapan mereka dengan cara yang lebih ramah lingkungan dan ekonomis.


Dalam pelaksanaannya terdiri dari 6 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari FPIK UHO yaitu terdiri dari Hasnia Arami, S.Pi.,M.Si., Dr. Muhammad Idris, S.Pi., M.Si., Dr., Mohamad Nuh Ibrahim, S.Pi., M.Si., Abdullah, S.Pi., M.Si., Salwiyah S.Pi., M.Si dan Dr. Sarini Yusuf, S.Pi., M.Si., serta 19 Mahasiswa peserta kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat terintegrasi KKN Tematik tahun 2024.


Pelatihan pembuatan rumpon dasar berbahan batok kelapa ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan nelayan setempat dalam pembuatan rumpon dasar, suatu alat bantu penangkapan ikan.


Ketua Tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat terintegrasi KKN Tematik di Kelurahan Lalowaru, Hasnia Arami, S.Pi.,M.Si. Mengatakan,  bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu solusi untuk nelayan.


“Dalam kegiatan tersebut beberapa nelayan mengeluhkan tentang rusaknya daerah penangkapan mereka seperti terumbu karang yang hancur karena aktivitas penangkapan yang tidak ramah lingkungan,” kata Hasnia Arami, Kamis (29/8/2024).


Menurutnya, Hal ini yang mendorong kami melaksanakan kegiatan ini, Berharap hal ini bisa memberikan manfaat bagi nelayan melalui tersedianya daerah penangkapan baru. 


Sementara itu, salah satu nelayan yang juga tokoh masayarakat Kelurahah Lalowaru, Abu Thalib mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang atas kegiatan tersebut.


“Alhamdulillah, kami sangat senang dengan kegiatan ini, kami juga berharap dengan hadirnya mahasiswa KKN dan tim Dosen dari perikanan UHO dengan berbagai program cerdasnya di kelurahan kami, dapat membantu dan menambah pengetahuan serta wawasan kami tentang perikanan,”Ungkapnya. (Andi/Nur).

Iklan

×
Berita Terbaru Update