-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Kapolres Bulukumba Pimpin Apel Operasi Zebra Pallawa 2024

Selasa, 15 Oktober 2024 | 07.31 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-15T00:31:19Z


SimpulIndonesia.com
_BULUKUMBA -- Kepolisian Resor (Polres) Bulukumba melaksanakan Apel gelar pasukan operasi Zebra Pallawa 2024 di lapangan Apel Polres Bulukumba, Senin 14 Oktober 2024.



Apel gelar ini dipimpin AKBP Andi Erma Suryono, S.H.,S.I.K., M.M Kapolres Bulukumba, dan IPTU Anwar, S.Pdi KBO Satlantas selaku komandan Apel.


Apel dimulai dengan penyematan pita operasi kepada 4 perwakilan masing-masing dari Kodim, Subdenpom, Polres dan Dishub Kabupaten Bulukumba.


Penyematan pita secara simbolis oleh Kapolres tersebut merupakan tanda dimulainya pelaksanaan operasi.


Kapolres Bulukumba dalam amanatnya menyampaikan bahwa saat ini permasalahan dibidang Lalu lintas dewasa ini sangat komplek dan berkembang cepat dan dinamis.


Hal ini kata AKBP Andi Erma Suryono sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah populasi penduduk dan bertambahnya kendaraan atau alat transportasi yang saat ini masuk pada era digital dan modernisasi.


"Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi kinerja khususnya Polantas dengan stakeholder pengembang fungsi kelalulintasan, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang timbul dari modernisasi transportasi tersebut." Ujar Kapolres.


Lebih lanjut Kapolres menyampaikan Polri melaksanakan operasi Zebra Pallawa 2024 yang merupakan operasi Cipta kondisi Kamseltibcarlantas dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.


"Selain menghadapi agenda Nasional, operasi Zebra ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar tertib berlalulintas demi terwujudnya situasi Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman serta dilakukan cara-cara bertindak yang simpatik, Profesional, selektif prioritas, ramah sopan, tegas dan terukur." Jelasnya.


Kapolres mengatakan operasi Kepolisian mandiri kewilayahan Zebra Pallawa 2024 dilaksanakan selama 14 hari, dimulai pada hari ini 14 Oktober hingga 27 Oktober 2024 mendatang yang serentak dilaksanakan seluruh indonesia.


Pelaksanaan operasi Zebra ini mengedepankan giat Preemtif, Preventif dan teguran simpatik dan humanis.


Dalam apel ini Kapolres juga menyebut 8 jenis pelanggaran prioritas pada operasi Zebra ini, yaitu pelanggaran yang dapat menyebabkan terjadinya fatalitas korban berat pada kecelakaan Lalulintas, yakni


1. Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan Ponsel saat berkendara dan pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman.


2. Pengemudi atau pengendara ranmor yang masih dibawah umur.


3. Pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang.


4. Pengendara yang tidak menggunakan Helm standar dan knalpot tidak sesuai spektek (Brong)


5. Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi minuman beralkohol.


6. Pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus (Contra Flow)


7. Kendaraan yang over dimensi /over loading (OD/OL) dan TNKB yang tidak sesuai dengan Spektek (Plat gantung), dan


8. Pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.


"Kedepalan jenis pelanggaran tersebut dilakukan secara persuasif serta teguran simpatik dan humanis dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas." Ujar Kapolres.


Selain dilakukan beberapa tindakan dalam operasi ini, Kapolres juga menyampaikan Polres Bulukumba melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara masif dan simultan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang disiplin dalam berlalu lintas sehingga tercipta masyarakat yang patuh dan tertib berlalu lintas sebagai cermin moralitas Bangsa. 


"Kami berharap operasi Zebra Pallawa tahun ini dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan serta dapat meminimalisir fatalitas korban Laka lantas, dan paling utama dapat menumbuhkan kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas." Pungkasnya.


Tidak lupa Kapolres menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir mengikuti apel operasi Zebra ini yang terdiri dari Peleton Kodim, Subdenpom, Polres, Satpol PP/Damkar dan Dishub Kabupaten Bulukumba.


Apel ini dihadiri Oleh Letkol Inf. Sarman S.Hub Int Dandim 1411/Blk, Kompol Eddy Sumantri, S.Sos.,M.H Waka Polres Bulukumba, Letda Inf. Sirajuddin Dansub Denpom/Blk, Andi Hasbullah, S.Stp Kasatpol PP/Damkar, Muhammad Arfan Kakesbangpol, Para Pju, para Kapolsek jajaran dan para perwira Polres Bulukumba.

×
Berita Terbaru Update