-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Mahasiswa UHO Berikan Edukasi Pimilihan Kepala Daerah 2024

Senin, 21 Oktober 2024 | 16.14 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-21T09:14:47Z

 

(Foto/Ist).

SimpulIndonesia.com__KENDARI,— Salah satu mahasiwa Ekonomi Pembangunan,  Universitas Halu Oleo (UHO), berikan edukasi soal pemilihan kepala daerah mendatang. Senin, (21/10/2024).


Berdasarkan informasi yang dihimpun, pemilihan  kepala daerah (Pilkada) menjadi salah satu indikator dalam sistem demokrasi karena rakyat dapat berpartipasi dalam menentukan pilihan politiknya.


Dalam kontestasi pemilihan kepala daerah itu, menjadi salah satu indikator dalam sistem demokrasi karena rakyat dapat berpartipasi dalam menentukan pilihan politiknya. 


Muh. Argayanto mengatakan bahwa dalam pilkada rakyat akan memilih dan seharusnya sesuai hati nurani tanpa ada pengaruh lain.


“Melalui pilkada rakyat akan memilih kepala atau pimpinan daerahnya dengan hati nurani yang bersih tanpa ada pengaruh lain yang menodai sistem demokrasi,”Katanya.


Dalam keterangannya menerangkan, bahwa sejarah perjalanan bangsa Indonesia pilkada menjadi upaya nyata untuk mewujudkan tegaknya demokrasi.


“Penegakan demokrasi dengan merealisasikan kedaulatan rakyat dengan prinsip jujur dan adil (Jurdil) serta langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber),”Terang Argayanto.


Tak hanya itu ia juga menegaskan, dari pengalaman sebelumnya masyarakat atau pemilih agar tidak terkeco dengan janji manis para calom.


“Berkaca dari pengalaman pilkada tahun-tahun sebelumnya besar harapan agar masyarakat pemilih tidak terkecoh lagi dengan janji-janji manis bakal calon (balon) dan ‘bantuan’ uang dan sekantung bingkisan,” Tegasnya.


Selain itu, Seorang pemimpin haruslah bersikap amanah dan tidak curang sebagaimana dijelaskan dalam hadis 


“Hadis riwayat Imam al-Bukhari, “Tidaklah seorang hamba yang diserahi Allah untuk memimpin, lalu meninggal dunia dalam keadaan curang terhadap rakyatnya, kecuali Allah mengharamkannya masuk surga,”Jelasnya.


Di sisi lain, pemilih juga harus melihat calon pemimpin yang mampu bertanggung jawab karena sifat bertanggung jawab merupakan sifat mendasar yang harus ada pada seorang pemimpin.


Sifat amanah dan bertanggung jawab akan berpengaruh besar kepada putusan yang diambilnya nanti. Rasulullah saw bersabda, dari Abdullah bin Umar radiaallahu’anhuma, “Ketahuilah setiap dari kalian adalah seorang pemimpin.


Untuk dikrtahui, Pilkada untuk tahun 2024 akan digelar pada  27 November dan para bakal calon mulai terlihat menampilkan dirinya melalui berbagai media terutama baliho dan informasi terbuka dari tim suksesnya. (Andi).

×
Berita Terbaru Update