-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Pengamat Politik: Andi Utta-Edy Manaf Dominasi Elektabilitas

Kamis, 10 Oktober 2024 | 19.06 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-10T12:06:03Z


SimpulIndonesia.com
_BULUKUMBA, -- Elektabilitas pasangan calon Bupati Bulukumba dan Wakil Bupati Bulukumba nomor urut 02, Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf, masih mendominasi dalam kontestasi Pilkada Bulukumba 2024.



Pengamat politik, Nurmal Idrus, menyatakan bahwa dominasi elektabilitas pasangan petahana ini dipengaruhi oleh kemampuan mereka dalam memaksimalkan keuntungan sebagai incumbent.


"Secara umum, petahana masih mendominasi elektabilitas. Berbagai keuntungan sebagai kandidat petahana telah dikapitalisasi dengan sangat baik," ujar Nurmal, Direktur Lembaga Riset Nurani Strategic dilansir dari RADAR SELATAN.


Nurmal menjelaskan bahwa loyalitas pendukung Andi Utta dan Edy Manaf tetap kuat, salah satunya berkat stabilitas pemerintahan yang kondusif selama masa kepemimpinan mereka. Hal ini membuat masyarakat tetap mempercayakan pilihan mereka kepada pasangan tersebut.


"Salah satu variabel yang mendukung dominasi pasangan ini adalah stabilitas pemerintahan yang kondusif, sehingga pemilih masih merasa percaya kepada Andi Utta," tambah Nurmal.


Jumlah massa yang selalu membeludak di setiap kampanye juga dinilai menjadi salah satu faktor penting dalam mempertahankan elektabilitas pasangan Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf.


Menurut Nurmal, banyaknya peserta kampanye memudahkan sosialisasi program kepada masyarakat.


"Meskipun bukan variabel terbesar, jumlah massa yang besar saat kampanye mempermudah pasangan kandidat dalam mensosialisasikan program dan visi mereka," kata Nurmal.


Meski demikian, pasangan calon nomor urut 01, Jamaluddin M Syamsir dan Tomy Satria Yulianto (JADIMI), juga memberikan perlawanan yang keras.


Nurmal mengungkapkan bahwa pergerakan pasangan JADIMI mulai terlihat semakin masif, bahkan hingga ke pelosok desa, yang membuat persaingan Pilkada Bulukumba semakin dinamis.


"Pasangan Jamaluddin M Syamsir-Tomy Satria Yulianto memberikan perlawanan yang kuat. Tim mereka bergerak secara masif di berbagai kecamatan, menunjukkan persaingan yang semakin ketat di lapangan," tutupnya.

×
Berita Terbaru Update